PERCAYA PROJEX


tayang minggu 4 september 2022 pkl 21.05 wib

Kerap kali masyarakat di indonesia masih memandang sebelah mata para perempuan di sekitarnya. Padahal, perempuan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kaum laki-laki. Pengakuan ini tidak terbatas dengan negara indonesia sendiri, namun juga dengan negara lain yang mulai memberikan ruang lebih besar untuk para perempuan. Tidak jarang perempuan pun diberikan kepercayaan besar baik dalam kehidupan profesional maupun personal. Di episode kali ini, kita akan membahas 3 wanita hebat yang berhasil membuktikan  bahwa perempuan juga bisa menjadi pencetus dan pengambil keputusan terbesar melalui usaha yang mereka rintis dari nol.

Narasumber pertama adalah ismiyati. Beliau adalah seorang pemilik toko roti yang dinamakan ‘super roti’ di semarang. Ismiyati yang sudah memiliki hobi memasak sejak kecil, sudah memulai usahanya sejak 6 sd, walaupun saat itu ismiyati belum memiliki toko. Hingga akhirnya pada tahun 2011, dengan dukungan suami, ismiyati pun membuka toko rotinya yang dinamakan super roti. Cobaan ismiyati pun dimulai. Berawal dari karyawannya yang keluar secara serentak karena tidak bisa bekerja dalam tekanan, hingga tantangan eksternal yang menghambat dirinya untuk memperluas pasar dagang rotinya. Namun tantangan ini yang membuat lahirnya roti bekatul, roti sehat yang berhasil menembus puluhan retail di semarang dan sekitarnya. Dengan omset mencapai ratusan juta per bulan, ismiyati merasa ia bisa di titik tersebut berkat dukungan banyak orang, dan ia pun memulai untuk berbagi ilmunya kepada masyarakat sekitar, bahkan banyak yang berujung membuka bisnis roti seperti dirinya, namun tetap belajar dari ismiyati sendiri. Baginya, berbagi bukanlah hal yang harus dihindari, karena setiap orang memiliki rezeki sendiri.

Narasumber kedua adalah erna minarni, yang memiliki usaha ena craft, dimana dirinya menjual aksesoris khas ntt. Hal ini ia mulai tekuni saat dirinya sulit menemukan pernak pernik khas ntt, yang berbanding terbalik dengan penjual tenun ntt. Hanya dengan modal 2 juta rupiah, ia berhasil membesarkan namanya tidak hanya di pulau ntt, namun hingga ke jakarta untuk mengikuti pameran rutin setiap tahunnya. Tanpa kita ketahui, perjuangannya hingga ke titik saat ini tidaklah mudah. Dengan suami yang kerap mematahkan semangat dirinya, dan tidak memberikan bantuan sama sekali sehingga erna harus melakukan semuanya sendiri. Dengan pengalaman inilah erna melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ilmu bisnisnya maupun motivasi kepada masyarakat sekitar, agar kaum perempuan tidak dipandang sebelah mata di dalam keluarga dan juga bisa berdaya walaupun banyak tekanan di sekitarnya.

Narasumber terakhir adalah rita suryaningsih, pemilik usaha sukmajahe sarabba. Dirinya termotivasi dari pengusaha pembuat bajigur sachet, yang akhirnya ia melakukan hal sama untuk minuman khas makassar, sarabba. Dirinya yang dibantu oleh suaminya yang merupakan lulusan teknik pertanian, mulai memproduksi minuman sachet ini sejak tahun 2008. Saat ini, omset yang diraih mencapai 100 juta per tahun. Namun bukan berarti dirinya mendapatkan pencapaian ini tanpa cobaan. Dirinya kerap bermasalah dengan karyawan yang tidak bisa bekerja secara konsisten dan memiliki turn over rate yang tinggi selama 10 tahun. Hingga akhirnya dirinya menyadari bahwa memberdayakan ibu-ibu sekitar rumahnya menjadi kunci dari usahanya. Disinilah dirinya sadar bahwa memberi ilmu kepada orang sekitar merupakan jawaban untuk menyelesaikan masalahnya. Bahkan saat ini ia tidak merasa tersaingi, bahan memotivasi ibu-ibu sekitar untuk membuat usaha, agar mereka bisa terus berkembang walaupun ‘hanya’ menyandang status ibu rumah tangga.

Ketiga cerita narasumber ini telah menjadi motivasi bagi banyak orang dan pemerhati umkm indonesia. Salah satunya, grab, yang mendengar dan melihat kegigihan narasumber ini yang menjadikan mereka 3 dari 500 pemilik umkm yang dibantu oleh grab dengan memberikan modal tambahan untuk para umkm yang mengalami kesulitan saat pandemi menghadang. Grab, bekerja sama dengan para kreator indonesia mengusung program #percayaprojex untuk menyebarkan rasa semangat untuk perempuan pemilik umkm di indonesia dengan tujuan membantu, menyemangati dan mengangkat lebih banyak lagi mereka yang sedang berjuang supaya bisa terus bertahan dan bergerak di tengah pandemi ini.