MENEBAR KASIH TUHAN

12 Oktober 2019 - 14.21 WIB

Dalam episode ini Kick Andy menampilkan cerita dari orang-orang baik yang dipilih Tuhan untuk membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan.

Ialah Bruder Petrus Partono, seorang biarawan katolik yang mengabdikan dirinya untuk melayani kaum papa. 10 tahun sudah, Bruder Petrus berbagi kasih dan kegembiraan bagi warga Cilincing, Jakarta Utara. Melalui Atmabrata, sebuah karya sosial gereja katolik, paroki salib suci, Bruder Petrus memberikan pelayanan kasih lintas agama. Pendidikan menjadi fokus utama, salah satunya sekolah TK, warga cukup membayar uang pangkal 50 ribu rupiah untuk anak anak bisa mengenyam pendidikan, bahkan ada juga beasiswa bagi anak-anak yang tidak mampu. Tak hanya itu saja, Atmabrata juga mendirikan rumah lansia bagi para oma dan opa yang membutuhkan uluran tangan Bruder Petru Partono. Di rumah Lansia ini para oma dan opa dirawat dengan penuh cinta kasih. Para lansia diberikan perhatian termasuk kesehatannya. Mereka berasal dari latar belakang yang beragam, ada yang masih memiliki keluarga atau pun tidak. Saat ini ada tiga ratusan lansia yang dilayani oleh Atmabrata, baik di panti ataupun diluar panti. Tak mudah bagi Bruder Petrus menjadi nahkoda, pelayanan atmabrata sempat dicurigai oleh warga sekitar Cilnincing. Namun bagi Bruder, apa yang ia lakukan menjadi sebuah perwujudan kasih dalam memanusiakan manusia. Bruder Petrus Partono bahagia bisa hidup bersama mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Narasumber berikutnya adalah Ferra Menajang Ketua Yayasan Gerakan Asih Abadi atau disingkat GERASAMelalui yayasan ini Ferra bersama suami dan anak-anaknya merawat ODGJ khusus wanita. Di yayasan yang terletak di Rawa Lumbu, Bekasi ini ada sekitar 71 ODGJ beserta 6 anak tinggal. Yayasan GERASA ini sendiri berdiri sejak 1 Juli tahun 2011. Suami Ferra Pdt. Lukas adalah pendeta GBI, dan yayasan GERASA ini merupakan yayasan Kristen yang bersifat interdenominasi, dengan pelayanan di bidang marturia, koinonia, dan diakonia bagi orang-orang yang terabaikan.Penghuni Yayasan ini hanya wanita yang mengalami disabilitas mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ yang terbuang atau hidup dijalanan. Ferra dan suaminya memilih merawat ODGJ wanita karena wanita tidak bisa melindungi diri sendiri, sehingga sangat rentan dengan kejahatan apalagi hidup di jalanan. Tak hanya itu saja, menurut Ferra wanita sangat rentan dengan penyakit, mensturasi setiap bulan dan tidak pernah mandi sehingga membuat kesehatan mereka semakin menurun. Ferra selaku ketua Yayasan GERASA metode penyembuhan mereka sama sekali tidak memakai obat penenang. Walaupun penderita ODGJ emosinya sering tidak stabil tetapi ia mengaku punya kiat khusus untuk itu yaitu pakai otoritas Tuhan Yesus.

Dalam episode Kick Andy Natal “Menebar Kasih Tuhan” ini juga ada penampilan penyanyi sekaligus pemain harpa Regina Handoko yang membawakan dua lagu Natal yaitu Joy To The World dan Feliz Navidad.