MAKNA DIBALIK CERITA DUKA

TAYANG MINGGU, 16 JANUARI 2022 PKL 19.05 WIB


Kadang kita bertanya pada Tuhan, apa sebenarnya rencana Tuhan dalam hidup kita? Sebab banyak orang yang tidak mengerti mengapa dia mengalami kejadian yang mungkin membuat dia sedih ataupun trauma karena harus kehilangan orang-orang yang dicintainya dalam sekejap. Bahkan nyawanya pun hampir melayang dari peristiwa alam yang mengerikan. Karena itu, dalam episode Kick Andy “Makna Di Balik Cerita Duka” mengundang orang-orang yang pernah mengalami kejadian dahsyat dalam hidupnya, dan dari kejadian itu dia mencoba mencari makna di balik cerita duka yang dialaminya dengan menjadi relawan bencana ataupun membantu korban bencana.


Jufri penyintas bencana gempa bumi Mamuju, Sulawesi Barat yang terjadi pada 14 Januari 2021. Kala itu Jufri beserta istri dan ke lima anaknya selamat dari timbunan material rumah akibat dasyatnya guncangan gempa bumi. Dalam peristiwa itu Jufri harus kehilangan anak keduanya yg berjenis kelamin perempuan yang meninggal dunia akibat tertimpa material rumahnya yg roboh. Pada saat meninggal dunia Anak kedua Jufri dalam posisi memeluk adiknya yg bungsu. Kehilangan anak tercinta dan kehilangan harta benda akibat gempa tentu merupakan beban yang berat yang harus Jufri dan istri hadapi. Walapun akhirnya bisa menerima kehilangan anak, ternyata lebih dari itu, Jufri bahkan mengambil keputusan untuk menolong orang-orang yang mengalami bencana dengan menjadi relawan bencana dan bergabung di ADRA (Adventist Development & Relief Agency) sebuah organisasi kemanusiaan globlal gereja masehi advent hari ketujuh. ADRA waktu terjadi gempa yang menewaskan anak nomor dua, juga turut membantu warga. Kegiatan kemanusian yang dilakukan oleh ADRA ini mencakup 130 negara.


Amal Penyintas Gempa Sigi, Donggala, Palu, yang terjadi 28 September 2018 silam. Amal kehilangan keluarga dari pihak Ibu dan Bapak yg sampai saat ini tidak ditemukan jasadnya. Dari persitiwa tersebut amal tergerak hatinya untuk membantu sesame korban bencana dengan menjadi relawan bencana yang terjadi di Indonesia. Amal kini membantu masyarakat korban bencana dengan bergabung di Komunitas Sigi Berbagi Manfaat atau SBM. Melalui SBM ini Amal sudah membantu korban bencana di beberapa daerah di Indonesia diantarnya di Konokawe Utara, banjir bandang, Toli-toli , gempa, Sigi, banjir bandang, Mamuju, gempa, dan Massamba.


Arief Munandar Penyintas & korban yang selamat dari bencana gempa bumi & Tsunami Aceh 26 Desember 2004 silam. Saat itu Arief selamat dari bencana tersebut namun istri, anak, orangtuanya serta 26 anggota keluarganya tewas dalam peristiwa tersebut. Dan hingga kini jasadnya tidak ditemukan. Pada saat gelombang pertama Arief sempat terseret arus deras tapi berhasil menyelamatkan diri di pohon kelapa. Arief yg sempat pingsan pada saat itu sudah dikira meninggal dunia bahkan sudah dimasukan ke dalam kantung mayat, dan siap-siap hendak dimakamkan. Bagi banyak orang kehilangan orang-orang yang dicintai tentu menimbulkan kesedihan yang luar biasa bahkan perasaan traumatis. Terutama jika melihat kejadian bencana. Tapi, Arief mampu bangkit dan keluar dari kesedihan dan trauma, bahkan sekarang dia mengabdikan dirinya untuk membantu korban bencana. Sejak saat itu Arief aktif dalam kegiatan/relwan bencana bergabung dengan komunitas antaranya (Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Taruna Siaga (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Kegiatan yg dilakukan Arief sebagai teknisi utk menjaga sistem peringatan dini tetap terpelihara dan berfungsi. Arief juga pernah menjalankan misi kemanusiaan di Padang, Sumbar di tahun 2009.