LUKA BATIN

TAYANG MINGGU 2 MEI 2021 PKL 19.05 WIB

Kalau kita membaca atau mendengarkan berita-berita di media massa, di masa pandemi covid-19 ini banyak orang yang mengalami depresi, stress, bahkan kecenderungan untuk melakukan bunuh diri meningkat. Perkembangan zaman yang semakin cepat, terkadang membuat mental kita stress, depresi, bahkan cemas, dan kita pun lupa untuk rehat. Karena itu, kesehatan mental kita tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Karena itu, Kick Andy dalam episode Luka Batin ini menghadirkan para narasumber yang peduli pada kesehatan mental. Tak hanya memiliki gerakan kebaikan dalam memulihkan mental yang sakit, mereka para pejuang luka batin ini juga pernah mengalami depresi dalam hidupnya.

Adjie Santosoputro, seorang Praktisi Mindfulness. Adjie memiliki minat besar dalam kesembuhan luka batin, mengistirahatkan pikiran, sadar hidup bahagia. Dirinya kerapkali memberikan seminar, pelatihan, dan konsultasi mindfulness di beberapa kota di Indonesia. Selain praktisi, Adjie juga menggagas santosha, yang berfokus dalam emotional healing. Tak sampai disitu, Adjie juga pernah diundang oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Siapa sangka, masa lalu Adjie pun penuh luka batin. Waktu kecil, Adjie kerapkali melihat orang tuanya bertengkar, hingga ia pun merasakan betapa pedihnya dan menyakiti dirinya sendiri hingga pernag punya keinginan untuk bunuh diri. Baginya, perjalanan bahagia adalah perjalanan bersama untuk berlatih mengikhlaskan. Kita harus belajar memulihkan batin, belajar bahagia dengan sederhana, dan alami perjumpaan dengan diri sendiri.

Kunto Aji Wibisono adalah musisi Indonesia yang peduli pada isu kesehatan mental. Melalui lagu di album Mantra-Mantra ini, pria kelahiran 4 Januari 1987 berhasil merebut hati masyarakat Indonesia. Sembilan lagu di dalam album Mantra-Mantra ini berisi tentang pengalaman pribadi Kunto. Salah satu lagunya , Pilu Membiru, yang sempat viral saat diluncurkan di youtube tahun 2018 lalu, meninggalkan kesan mendalam bagi yang mendengarnya. Cuplikan mereka berterima kasih ke Kunto Aji atas lagunya saling memberikan kekuatan dan harapan, kepada mereka yang terluka batinnya, telah dilakukan Kunto Aji melalui karya-karyanya. Di dalam hidupnya ternyata Kunto Aji juga sempat mengalami depresi, saat dirinya harus kehilangan semua uang di tabungan demi membiayai pengobatan dirinya yang sakit parah. Padahal uang yang sudah lama dikumpulkannya itu akan digunakan untuk rekaman. Kala itu, Kunto yang sudah putus asa dengan sakit yang dideritanya berharap, Tuhan segera mencabut nyawanya. Namun, Kunto bisa bangkit dan kembali memiliki semangat untuk hidup, setelah dirinya dinyatakan sembuh dari sakit fisiknya.

Narasumber berikutnya yaitu Adellene Odelia Tanuri, Dhika Himawan, dan Valencia Nathania. Ketiga gadis ini merupakan pendiri Komunitas Rahasia Gadis. Melalui platform media sosial, Rahasia Gadis menjadi wadah bercerita bagi perempuan dan ragam permasalahan hidupnya. Sejak berdiri 2014, instagram Rahasia gadis sudah diikuti 3,3 juta followers, dan menjadi komunitas online perempuan terbesar di Indonesia. Mengusung hashtag kamu tidak sendiri, Rahasia Gadis memberikan dukungan bagi permasalahan perempuan. Rahasia gadis berkomitmen, untuk memberikan nilai nilai positif bagi perempuan Indonesia, supaya memiliki pandangan hidup yang lebih baik.