KULIK KOMUNITAS UNIK

Tayang minggu 11 september 2022 pkl 21.05 wib


Di masa yang mempermudah masyarakat dalam berinteraksi dan bertemu dengan orang yang memiliki hobi yang sama, mereka pun memutuskan untuk membentuk sebuah komunitas atau perkumpulan secara online. Disaat hobi maupun pengalaman yang dimiliki dibagikan kepada masyarakat luas, disitulah interaksi terjadi, bahkan hal yang tidak terpikirkan sebelumnya pun bisa terjadi.

Seperti venzha yang merupakan pendiri dari indonesia ufo network atau yang disingkat sebagai iun. Pada awalnya, komunitas pecinta atau mereka yang tertarik dengan luar angkasa sudah ada sejak tahun 1998 silam. Namun venzha yang berpikir lebih luas dan mempertimbangkan jangka panjang dari komunitas ini pun akhirnya menggagas iun yang menjadikan wadah dari 32 komunitas pecinta ufo dan luar angkasa di indonesia. Pengalaman venzha yang sangat banyak, bahkan pernah berurusan dengan nasa di amerika serikat merasa bahwa indonesia harus memiliki badan yang bisa bertukar pikiran tidak hanya antar komunitas di indonesia, namun mancanegara. Venzha yang merupakan lulusan interior design pun justru mendalami teknologi dengan autodidak untuk bisa berperan aktif dalam wadah yang ia gagas. Saat ini iun membuat festival ufo di jogjakarta yang menjadikan festival ufo terbesar di indonesia dengan serangkaian acara seperti conference yang mengundang peneliti dari luar negeri, maupun pameran dari alat pemancar maupun benda asing yang diklaim didapat dari luar angkas

Lalu terdapat ruri, yang mendirikian graveyard indonesia yang merupakan komunitas pecinta makam. Bukan sekedar melihat, namun ruri dan anggotanya pun belajar mengenai sejarah melalui makam-makam tersebut. Sebelum mendatangi sebuah maham, ruri mencari tau sejarah di balik makam yang ia kunjungi dan berbagi kepada anggota komunitas maupun yang mengikuti trip ke makam. Walau anggotanya masih sedikit, ruri justru merasa lebih baik memiliki anggota yang sedikit namun aktif. Anggotanya yang salah satunya merupakan orang belanda turut membantu ruri untuk melakukan riset terutama pada nisan yang menggunakan bahasa asing seperti belanda, cina, maupun bahasa lokal seperti bahasa jawa kuno dan lainnya. Tidak hanya mendatangi, ruri pun juga ikut membersihkan makam tua. Dan saking uniknya komunitas ini, ruri pun pernah dihubungi orang lain dari selandia baru dan inggris untuk mencarikan makam keluarganya yang berada di indonesia. Ruri yang sudah mengunjungi 5000 makam sejak tahun 2017 pun kerap aktif mengunjungi makam hingga saat ini.

Dan yang terakhir adalah tiara, yang merupakan pendiri dari komunitas save janda. Komunitas ini adalah komunitas yang dikhususkan untuk para janda yang kerap mendapatkan stigma buruk di masyarakat. Pengalamannya sendiri yang pernah menjadi seorang janda, dan mendapatkan perkaluan negatif dari orang sekitar akhirnya mendirikan komunitas ini untuk menyebarluaskan kampanye yang ia lakukan selama ini. Meningkatkan kepercayaan diri seorang janda tidaklah mudah. Terkadang tiara pun harus merujuk salah satu anggotanya untuk melakukan konseling dengan psikolog. Namun di luar itu, tiara pun mengadakan kegiata offline maupun online seperti fashion show yang di support oleh perusahaan peminjaman baju di asia, rentique dan model yang digunakan adalah anggotanya sendiri. Tiara pun tidak sembarangan memasukkan orang ke dalam komunitasnya. Hal ini dilakukan agar dirinya bisa fokus membantu seluruh anggotanya untuk dapat beraktivitas dengan normal dan berani menghadapi masyarakat di luar.

Dengan ketiga narasumber ini, kita akan mendengarkan lebih lengkap mengenai ide ide mereka yang unik dalam menciptakan perkumpulan yang tidak hanya untuk berkumpul dan bersenda gurau, namun mendapatkan masukan maupun ilmu baru yang positif di dalam perkumpulan yang mereka bentuk bersama anggota maupun masyarakat luas.