KEBAIKAN DI UDARA

12 Oktober 2019 - 14.21 WIB

KICK ANDY KALI INI AKAN BERCERITA TENTANG KONTEN KREATOR / PEGIAT MEDIA SOSIAL YANG KARYANYA MEMBERIKAN DAMPAK POSITIF KEPADA MASYARAKAT. TIDAK HANYA SEKADAR HIBURAN, MEREKA JUGA MEMBERIKAN DAMPAK KEPADA PARA NETIZEN ATAU PENONTON, MAUPUN OBJEK YANG DIANGKAT, SECARA LANGSUNG.

BANYAK PARA YOUTUBER YANG MEMBUAT KARYA ATAU KONTEN YANG TIDAK MENDIDIK, BAHKAN CENDERUNG BERDAMPAK NEGATIF. DENGAN KISAH INSPIRATIF DARI PARA NARASUMBER KICK ANDY, PENONON, TERUTAMA GENERASI MUDA DIHARAPKAN MAMPU MEMANFAATKAN DUNIA DIGITAL UNTUK BERBUAT KEBAIKAN.

NARASUMBER PERTAMA ADALAH RICO HUANG, PEBISNIS MUDA SUKSES, DAN JUGA KONTEN KREATOR YANG AKTIF MENGISI MEDIA SOSIALNYA DENGAN TAYANGANAN YANG BERMANFAAT. PENGALAMANNYA DALAM BERBISNIS TIDAK DIRAGUKAN LAGI. SEJAK USIA ANAK-ANAK, RICO SUDAH MULAI BERDAGANG. KONDISI FINANSIAL KELUARGA MEMAKSANYA UNTUK MAMPU HIDUP MANDIRI.

JATUH BANGUN DALAM MERINTIS USAHA AKSESORIS HANDPHONE PUN TELAH IA LALUI. HINGGA IA MENYADARI, SEBUAH JALAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK BERDAGANG. STRATEGI PEMASARANNYA INI BERHASIL MENDAPATKAN RESPON POSITIF DARI PASAR.

KINI, BISNIS YANG DIRINTIS OLEH PRIA KELAHIRAN 1995 INI, TELAH BERKEMBANG DENGAN OMZET RATUSAN JUTA SETIAP BULANNYA. RICO TERUS BEREKSPANSI, BERASAMA REKAN-REKANNYA, IA MENDIRIKAN PT. ALONA INDONESIA RAYA DENGAN LINI BISNIS JUAL BELI ONLINE, DAN EDUKASI BISNIS ONLINE.

MEMILIKI SEGUDANG PENGALAMAN, RICO KERAP MEMBAGIKAN ILMUNYA DI BIDANG DIGITAL MARKETING. IA BERHARAP PARA UMKM DI INDONESIA JUGA MAMPU MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL, YANG TELAH MEMBAWA BISNISNYA SUKSES.

BERIKUTNYA ADA CERITA DARI RIAN KISWANTO. CONTENT CREATOR SATU INI MENYUGUHKAN FOLLOWERSNYA JENIS KONTEN YANG BERBEDA DARI YANG LAINNYA. RIAN KISWANTO ADALAH SEORANG YOUTUBER YANG AKTIF SEJAK DUA TAHUN YANG LALU. UNIKNYA, KONTEN YANG IA SUGUHKAN DALAM YOUTUBE CHANNEL RIANTV INI BERHUBUNGAN ERAT DENGAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA ATAU YANG DISEBUT O-D-G-J.

MENURUT RIAN, KONTEN YANG IA BUAT BERTUJUAN UNTUK MEMBANGUN RASA BERBAGI DAN MEMANUSIAKAN MANUSIA. SERINGKALI RIAN BERDIALOG DENGAN O-D-G-J YANG TERLANTAR DI JALANAN, MEMBERI MAKAN MEREKA, BAHKAN MEMPERTEMUKAN O-D-G-J YANG TERLANTAR DENGAN KELUARGANYA.

IA PUN MEMAHAMI, ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA TIDAK SELALU DITERIMA DI MASYARAKAT BAHKAN KELUARGANYA. NAMUN, IA TIDAK PERNAH BERHENTI UNTUK BERUSAHA MEMBANTU PARA ODGJ, AGAR MEMILIKI KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK. DENGAN MENGANTARKAN PARA ODGJ UNTUK TINGGAL DI PANTI, RIAN BERHARAP MEREKA TIDAK LAGI HIDUP MENGGELANDANG DI JALANAN.

PERBUATAN BAIK RIAN TIDAK BERHENTI DISITU SAJA. SEBAGIAN HASIL DARI YOUTUBE YANG MEMILIKI 2,3 JUTA SUBSCRIBERS INI, IA GUNAKAN UNTUK BERBAGI. RIAN MENYADARI, BAHWA MEDIA SOSIAL JUGA BISA MENJADI WADAH UNTUK BERBAGI KEPADA ORANG YANG MEMKEBUTUHAN, DENGAN CARANYA YANG UNIK.

TERAKHIR, KICK ANDY AKAN KEMBALI MENCERITAKAN KISAH PERTANIAN. NAMUN KALI INI BERBEDA, BUKAN PETANI YANG AKAN MENJADI NARASUMBER, MELAINKAN SEORANG YOUTUBER YANG MENGISI KONTENNYA DENGAN CERITA PERTANIAN.

IALAH PUKKA SIMBOLON YANG MENGGAGAS CHANNEL CAP CAPUNG. CAP CAPUNG MENYAJIKAN KONTEN KONTEN MENARIK DAN DAN UNIK, DENGAN MENGUSUNG DUA PROGRAM, YAITU CERITA TANI DAN CERITA BISNIS. MELALUI KANAL INI, PUKKA MENGANGKAT CERITA ORANG ORANG YANG BERGERAK DI BIDANG AGRIBISNIS DARI BERBAGAI DAERAH.

SEJAK DIRINTIS TAHUN 2017, KONTEN-KONTEN CAP CAPUNG SUDAH DITONTON JUTAAN ORANG, BAIK DARI DALAM MAUPUN LUAR NEGERI. MEMILIKI 872 RIBU SUBSCRIBERS, PUKKA TIDAK HANYA MENYUGUHKAN HIBURAN DAN INFORMASI KEPADA PENONTONYA, CAP CAPUNG JUGA MAMPU MEMBERIKAN DAMPAK YANG BESAR BAGI PETANI YANG DIANGKAT KISAHNYA.

BANYAK DARI MEREKA YANG KINI MENJADI RUJUKAN UNTUK BELAJAR TENTANG ILMU PERTANIAN ATAU PETERNAKAN. BAHKAN, TIDAK SEDIKIT PULA PENONTON DARI NEGARA TETANGGA SEPERTI BRUNEI, MALASIA, HINGGA TURKI, DATANG UNTUK BELAJAR SECARA LANGSUNG.

TIDAK HANYA ITU, KISAH PERTANIAN INI PUN MAMPU MENARIK INVERSTOR, DAN PEMBELI DARI LUAR NEGERI, SEHINGGA MEMBERIKAN DAMPAK EKONOMI KEPADA PARA PETANI. DENGAN KONSISTENSINYA MENGANGKAT TEMA AGRIBISNIS DAN KISAH SUKSES PARA PETANI, CHANNEL CAP CAPUNG BERHARAP MAMPU MENARIK MINAT GENERASI MUDA, UNTUK KEMBALI MENGHIDUPKAN PERTANIAN DI INDONESIA.