JEMBATAN LANGIT

Tayang, Minggu, 29 Agustus 2021 PKL 19.05 WIB


Di era digital, internet telah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang dimana mobilitas dibatasi dan sebagian besar aktifitas dilakukan secara online maka internet menjadi kebutuhan. Internet juga membuka berbagai peluang tanpa dibatasi ruang dan waktu. Gestianus Sino, petani muda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur sangat merasakan kehadiran internet. Sebelum pandemi Covid-19, Gesti memasarkan hasil pertanian yang dihasilkannya dan dari petani mitra ke sejumlah restoran, supermarket dan hotel di Kupang, maka saat pandemi Covid-19 pemasaran dilakukan secara online.


Saat ini Gesti sedang membuka jaringan semua produk holtikultura. Supaya mitra taninya seimbang, ia mengarahkan satu petani untuk satu komoditi dan dipasarkan ke toko online GS Organik yang dikelolanya. Ia juga berencana untuk membuka kluster baru di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur. Meski terjadi perubahan penjualan produk pertanian lewat online, Gesti merasa bahwa masa depan akan berjalan beriringan dengan pekembangan teknologi, sehingga pertanian pun tidak dapat dipisahkan dari teknologi.


Pentingnya akses internet disadari betul oleh pemerintah. Berbagai program diadakan untuk penyedian akses internet termasuk di daerah 3 T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Salah satu program pemerintah adalah Palapa Ring. Menurut Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Achmad Latif, Palapa Ring merupakan proyek pengembangan jaringan telekomunikasi ke seluruh kabupaten/kota dengan menggunakan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) dan Sistem komunikasi Serat Optik (SKSO) sebagai upaya menyelesaikan target RPJMN 2015-2019. Proyek Palapa Ring dilakukan dengan mekanisme kerja sama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (Kerjasama Pemerintah - Badan Usaha/KPBU).


Cita-cita luhur Proyek KPBU Palapa Ring adalah mewujudkan kedaulatan negara dan ketahanan nasional dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), menempatkan Indonesia sebagai pusat persimpangan lintasan telekomunikasi regional dan internasional, pemerataan pembangunan serta menunjang iklim kompetisi yang lebih sehat di bidang penyelenggaraan jasa telekomunikasi. Target Proyek KPBU Palapa Ring membangun jaringan backbone di 57 lokasi dari yang belum dilayani oleh jaringan backbone dan sebagian besar lokasi tersebut merupakan daerah terpencil dengan potensi pengguna yang relatif kecil.


Perlunya akses internet bagi masyarakat juga dirasakan BUMDes Maju bersama Desa Sejiram Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sejak berdiri tahun 2017, BUMDes ini telah memiliki Unit Usaha Internet. Namun layanannya masih terbatas di Sejiram. Setelah dibantu perjinan oleh Bakti Kominfo, Unit Usaha Intenet BUMDes Maju Bersama yang dikepalai Bambang Iswanto dapat mengembangkan usahanya di sejumlah desa. Kini 20 BUMDes telah bekerja sama dengan BUMDes Maju Bersama. Unit usaha internet BUMDes Maju Bersama mampu memberikan layanan akses internet yang lebih murah dan stabil. Dengan dukungan akses internet ini, kegiatan warga yang harus dilakukan secara online dapat berlangsung dengan lancar. Warga juga dapat mengembangkan berbagai usaha dengan adanya akses internet.***