INDONESIA BANGET

TAYANG 5 DESEMBER 2021 PUKUL 19.05 WIB

 

INDONESIA SUDAH DIKENAL DI MANCANEGARA AKAN PENINGGALAN BUDAYA YANG MELIMPAH. NAMUN SEIRING BERJALANNYA WAKTU, PERLAHAN BUDAYA INDONESIA SATU-PERSATU MULAI DITINGGALKAN KARENA TIDAK DILESTARIKAN. NAMUN, MASIH ADA ORANG-ORANG YANG BERUSAHA UNTUK MEMPERTAHANKAN BUDAYA-BUDAYA YANG HAMPIR PUNAH.


SEPERTI PERKUMPULAN KETOPRAK NGAMPUNG BALEKAMBANG. ANAK GENERASI MUDA YANG MEMILIKI ORANGTUA YANG BEKERJA SEBAGAI SENIMAN KETOPRAK YANG MULAI SEPI PEMINAT, MEMBUAT INOVASI BARU AGAR BUDAYA SENI KETOPRAK KHAS JAWA TENGAH INI BISA HIDUP KEMBALI DENGAN MEMBAWA PANGGUNG PERTUNJUKKAN MEREKA KE KAMPUNG-KAMPUNG DAN MEMBAWA CERITA YANG KONTEMPORER, MENYESUAIKAN DENGAN PERKEMBANGAN JAMAN. YANG MEREKA LAKUKAN PUN TERBUKTI MENARIK PERHATIAN MASYARAKAT DAN MENGEMBALIKAN JUMLAH PENONTON KETOPRAK YANG MELAKUKAN PERTUNJUKKAN SECARA REGULER DI TAMAN BALEKAMBANG, SURAKARTA.


DIANA M PUTRI JUGA IKUT ANDIL DALAM MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA DENGAN CARANYA SENDIRI. SEBAGAI FASHION DESIGNER, TIDAK JARANG IDE YANG IA DAPATKAN DALAM MEMBUAT BAJU BERASAL DARI CERITA DONGENG DAN SEJARAH INDONESIA. BAHKAN, DIANA MENYADARI BAHWA BUDAYA INDONESIA INI LAH YANG MEMBANTU DIRINYA BISA BERKARIR DI RANAH INTERNASIONAL. BAJU BERTEMAKAN GARUDA MEMBAWA IA SEBAGAI BEST DESIGNER DI NEW YORK FASHION WEEK 2015. TIDAK HANYA TEMA, IA PUN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBUAT BAJU KHAS INDONESIA DENGAN MEMASUKKAN ETNIS KE DALAMNYA. TERAKHIR IA MEMBUAT BAJU UNTUK ARIANA GRANDE DENGAN MENYISIPKAN ETNIS INDONESIA DI DALAMNYA. NAMA BESAR LAINNYA YANG PERNAH MENGGUNAKAN KARYA DIANA ADALAH LADY GAGA, CAMILIA CARBELLO, NICKI MINAJ, JANET JACKSON, CARRIE UNDERWOOD, MEGAN TRAINOR, DAN LAINNYA.


DI EPISODE INI, KICK ANDY JUGA MENGUNDANG SUJIWO TEJO, BUDAYAWAN INDONESIA YANG AKAN MEMBERIKAN PANDANGAN AKAN BUDAYA INDONESIA YANG MULAI DITINGGALKAN DAN MULAI PUNAH, SERTA BERBAGI PENGALAMAN SEBAGAI DALANG WAYANG YANG JUGA MENGALAMI KESULITAN UNTUK MEMPERTAHANKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP PERTUNJUKKAN WAYANG DALAM ERA MAJU INI.