BULE TAPI INDONESIA

12 Oktober 2019 - 14.21 WIB

Kick Andy dalam episode ini mengangkat cerita mengenai warga negara asing yang mencintai Indonesia dengan sepenuh hati. Mereka mencintai keramah-tamahan masyarakatnya, seni dan budaya Indonesia. Kecintaannya pada negara Indonesia dibuktikan nyata dengan fasih berbahasa Indonesia dan bahkan sangat fasih berbahasa daerah.

Mereka adalah siapa tak kenal bule yang dijuluki Londo Kampung. Youtuber bule asal Australia ini sangat fasih berbahasa Jawa Timuran. Pemilik nama lengkap David Andrew Jepchott ini, sejak usia 2 tahun sudah menetap di Surabaya. Kala itu orangtua laki-laki yang kerap dipanggil Cak Dave ini mendapat pekerjaan sebagai dosen di Surabaya. Cak Dave kecil dan tumbuh di lingkungan masyarakat, yang sangat kental budaya Jawa, dimana setiap hari tetangganya selalu berbahasa Jawa, karena itulah Cak Dave fasih bahasa Jawa. Saking jatuh hatinya dengan budaya Jawa Timur, Cak Dave menolak untuk kembali ke tanah kelahirannya di Australia dan memilih tinggal di Surabaya. Bahkan Cak Dave menikah dengan wanita Indonesia asli Surabaya bernama Santi Novia. Bersama Santi, Cak Dave sudah dikaruniai 2 orang anak. Di Channelnya Londo Kampung ini sudah disubscribe tiga koma tujuh juta subscriber. Dari Cak Dave ini kita belajar untuk menjaga dan mencintai warisan budaya yang dimiliki saat ini.

Narasumber berikutnya yaitu Dannicky atau biasa disapa Kang Dan yang merupakan warga negara Amerika Serikat, yang sangat fasih berbahasa Indonesia, bahkan Kang Dan juga jago berbahasa sunda. Kecintaannya pada budaya sunda, ditunjukan Kang Dan dengan keahliannya bermain alat musik khas sunda suling dan kecapi. Kang Dan, datang ke Indonesia sejak tahun 1997, kala itu Kang Dan bekerja sebagai guru. Seiring berjalannya waktu, Kang Dan sempat pulang ke negara asalnya, namun kecintaannya pada Indonesia, membuat Kang Dan kembali ke Indonesia dan menetap di kota Bandung, Jawa Barat. Bahkan kini Kang Dan sudah berbahagia memiliki istri orang Indonesia bernama Dyah Sekar. Kedepannya laki-laki pecinta jengkol ini, ingin terus mempromosikan budaya sunda keseluruh dunia, agar lebih banyak lagi orang asing yang mengetahui keanekaragaman budaya di Indonesia, khususnya budaya sunda.

Narasumber terakhir dalam episode Bule Tapi Indonesia ini yaitu Arnold Aristarkov alias Jero Putu Arnold. Bule asal Rusia ini sangat fasih berbahasa Indonesia dan bahasa Bali. Sejak 2006, ia bersama orangtuanya memilih tinggal di pulau Dewata. Arnold yang sangat mengagumi keramah-tamahan dan karakter masyarakat Indonesia khususnya warga Bali, membuat ia mudah berbaur dengan warga setempat. Belakanga, Arnold pun mantap memeluk dan mendalami agama hindu. Nama Arnold sendiri sebenarnya sudah tenar di jagat media sosial. Di channel youtubenya, yang bernama Bule Dewata, Arnold kerap membuat konten lucu dan menarik.Saat ini channel youtubenya sudah disubscribe dua ratus tiga belas ribu orang. Bagi bule berusia 25 tahun ini, Indonesia sudah menjadi rumahnya, ia pun ingin sekali menjadi warga negara Indonesia.