BERBAGI KASIH UNTUK SESAMA

Ada banyak cara yang orang lakukan untuk memaknai hidup. Bagi orang yang berpendapat bahwa hidup adalah perjuangan, maka biasanya ia akan berfokus pada pekerjaan. Targetnya adalah materi agar bisa menikmati hidup yang enak. Lalu, ada juga orang yang memaknai hidup dengan melakukan berbagai aktivitas sosial atau yang istilahnya saat ini adalah berbagi. Berbagi ini tentu mencakup berbagai aspek. Bisa waktu, perhatian, pikiran, perasaan dan bahkan materi. Namun yang pasti, dasar dari berbagi ini adalah kasih.

Nah, dua orang narasumber Kick Andy kali ini adalah mereka yang memaknai hidup mereka dengan berbagi. Bahkan mereka telah membuktikan, bahwa dalam kondisi sesulit apapun, berbagi adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Narasumber yang pertama adalah Indri Gautama. Wanita berusia 57 tahun ini sudah lebih dari 10 tahun berkecimpung dalam aktivitas sosial kemanusiaan. Bahkan ia rela melepaskan beberapa perusahaan yang di pimpinnya untuk memenuhi panggilan hidupnya.

Salah satu daerah yang menjadi target kegiatan sosial Indri adalah Dusun Koko di Nusa Tenggara Timur. Melalui yayasan yang di pimpinnya yaitu Tunas Mulia Adi Perkasa, Indri berhasil mentransformasi sebuah dusun yang sangat tertinggal, menjadi dusun yang sangat potensial. Di dusun ini, Indri telah mendirikan sekolah dan balai pengobatan. Akses jalan pun terbuka sehingga masyarakatnya tidak lagi terisolir. Bahkan lebih dari itu, Indri bersama rekan-rekannya juga mengubah pola pikir masyarakat untuk berpikiran maju dan positif, serta memiliki semangat untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Narasumber berikutnya adalah Paulus Wiratno. Pria kelahiran Kendal yang kini menetap di Denpasar ini adalah pendiri Yayasan Mercy Indonesia, yaitu sebuah yayasan yang juga berfokus pada kegiatan sosial kemanusiaan. Berdirinya yayasan ini tidak lepas dari pengalaman hidup yang cukup getir yang di alami oleh Paulus.

Kini, Yayasan Mercy Indonesia telah mendirikan 12 panti asuhan di beberapa daerah di Indonesia dan Children Center yang terdapat di Kendal. Paulus juga pernah mendirikan 2 panti janda di Aceh, pasca tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Dan yang terbaru, Paulus mendirikan Woman Rescue yaitu sebuah wadah untuk menampung para perempuan korban perdagangan manusia atau human trafficking. Tidak hanya menampung, Paulus juga memberikan berbagai pelatihan kepada para perempuan tersebut sebelum dikembalikan ke tempat asalnya.

Seperti biasa, ada banyak kisah menarik yang bisa menjadi teladan bagi kita semua dalam Kick Andy episode ini. Terlebih dengan momen menyambut pergantian tahun, apa yang dialami dan dilakukan oleh kedua narasumber ini, bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik di tahun berikutnya. Selamat menikmati.