AKSI MULIA INFLUENCER

12 Oktober 2019 - 14.21 WIB

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Ada kecenderungan positif yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini. Orang-orang yang terkenal di media sosial atau para influencer menceritakan kegiatan membantu sesama. Dengan memanfaatkan media sosial mereka mengajak orang untuk juga berbuat baik. Di tengah wabah Covid-19 ini, kegiatan para influencer berbuat baik membantu sesama makin gencar. Kegiatan mereka ada juga yang menggandeng para follower mereka.


Terinspirasi dari kebaikan yang diterimanya semasa SMA dari seorang teman, Edho Pratama atau yang lebih dikenal dengan Edho Zell juga ingin menebar kebaikan salah satunya dengan berbagi makanan. Saat SMA, Edho tinggal sendiri di Jakarta. Orang tuanya bercerai. dan sang ibu yang menikah lagi pindah ke luar kota. Edho harus bekerja keras untuk bertahan hidup di Jakarta. Dengan food truk, Edho berbagi makanan gratis atau dengan membayar se-ikhlasnya. Saat ini, warteg gratis beroperasi di Jabodetabek, Gresik dan Jogjakarta. Target warteg Edho adalah mahasiswa, warga umum yang membutuhkan dan panti asuhan. Edho selalu memastikan makanan yang dibagikan memiliki gizi yang baik. Di tengah pandemi virus corona, Edho bersama Wahyoo, dan kitabisa.com membuat gerakan rantang hati. Gerakan ini bertujuan menyediakan makanan gratis bagi pengemudi ojek online, tukang parkir, dan pekerja informal lain yang harus bekerja di luar rumah.


Melihat kondisi akibat pandemi Covid-19, Muhammad Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Baim Wong melakukan aksi nyata guna membantu sesama yang terdampak virus corona. Lewat gerakan memakai masker atau Gemas, Baim membagikan jutaan masker secara gratis ke seluruh Indonesia. Suami dari Paula Verhoeven ini mengaku dana untuk berbagi masker didapat dari donatur. Baim juga menggalang dana yang digunakan untuk berbagi makanan bagi tenaga medis, menyediakan alat perlindungan diri atau APD, hand sanitizer dan membantu warga yang terkena dampak pandemi Covid-19. Kegiatan sosial Baim ini mendapat apresiasi dari netizen dan juga CEO Youtube Global, Susan Wojcicki. Susan menilai konten youtube Baim memiliki pesan positif terutama saat pandemi Covid-19. Sebelum merebaknya Covid-19 Baim sudah sering melakukan berbagai kegiatan sosial.


Selain dikenal sebagai seorang musisi, Melanie Subono juga dikenal dengan berbagai kegiatan sosialnya salah satunya lewat Rumah Harapan. Gerakan yang digagas dan dijalankan Melanie sejak 13 tahun lalu. Rumah Harapan ini terinspirasi dari Make a Wish Foundation, Oprah Winfrey yang ingin mewujudkan harapan seseorang. Gerakan Rumah Harapan telah ada hampir di seluruh Indonesia. Selain mewujudkan harapan seseorang, gerakan ini juga bertujuan memperlihatkan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk berbuat baik, dan tidak harus dengan sesuatu yang mahal. Rumah Harapan juga mendirikan sekolah dan klinik di beberapa daerah diantaranya di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Di sana dibuka sekolah non formal untuk mengajari warga bahasa Ingris dan komputer dasar. Di tengah pandemi Covid-19 ini, Melanie dan rumah harapan makin sibuk dengan aksi sosial mereka. Dengan dukungan dan kerja sama dengan sejumlah pihak, Rumah Harapan memberikan dan menyalurkan bantuan bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19.***